Senin, April 7, 2025
BerandaHukumLaporan Hasil Reses II Dapil II Masa Sidang II Tahun 2025

Laporan Hasil Reses II Dapil II Masa Sidang II Tahun 2025

MEDAN I Aliantalkshwo.com

DPRD Kota Medan dari Daerah Pemilihan (Dapil) II melaporkan hasil Reses II Masa Sidang II Tahun 2025 mengenai banyaknya keluhan masyarakat terkait, Jalan Rusak, Drainase tersumbat, lampu jalan, maraknyaa perederan narkoba, maling, Tiang listrik yang mau tumbang. Susahnya pembuatan KTP, KK dan bagaimana masyarakat mendapatkan PKH, serta BPJS gratis.

Berdasarkan laporan Reses DPRD Medan dari Dapil II pada hari Sabtu dan Minggu 22 s.d 23 Februari 202. Adapun daerah Dapi II meliputi 3 Kecamatan diantaranya Medan Labuhan, Medan Belawan, Medan Marelan. DPRD Medan dari Dapil II antara lain, Anggota DPRD Kota Medan, Daerah Pemilihan II, terdiri dari: Hadi Suhendra, Margaret MS, Zulham Efendi,S.Pd,M.I,Tia Ayu Anggraini,S.Kom.M.H.,Saipul Bahri, S.E. Drs.H.Muslim.,M.A.P. HT.Bahrumsyah,S.H.,M.H. Jansen Simbolon. HJ. Roma Uli Silalahi,S.ST.,M.Km.

HJ. Roma Uli Silalahi,S.ST.,M.Km. yang membacakan laporan hasil Reses II Masa pada Sidang Ke II tahun 2025, Selasa (25/03/2025). Yang langsung dipimpin Ketua DPRD Kota Medan Drs. Wong Chun Sen MPd.B, Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P). H. Rajudin Sagala S P.I Fraksi Keadilan Sejahtera (PKS), H. Zulkarnaen SKM Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Hadi Suhendra Fraksi Golongan Karya (Golkar) besera anggota DPRD Medan, hadir pula Rico Waas Wali Kota Medan, Wirya Ar Rahman beserta Kepala Dinas.

Roma Uli mengatakan, Dari pelaksanaan Reses II Masa Sidang II Tahun Sidang 2025 pada Kegiatan Penyerapan dan Penghimpunan Aspirasi Masyarakat dari Dapil IIdapat kami himpun berbagai permasalahan dan aspirasi, yang kami tujukan kepada Wali Kota Medan melalui OPD terkait, sebagai berikut:

Adapun Keinginan warga di Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK), Masyarakat Kel. Terjun, Kec. Medan Marelan meminta menormalisasi Sungai Badera karena sudah 27 tahun tidak dinormalisasi. Masyarakat Kel. Terjun, Kec. Medan Marelan dan Kel. Tangkahan, Kec. Medan Labuhan meminta dilakukannya perdalaman Sungai Deli agar menampung debit air dalam jumlah banyak. Masyarakat Kel, Tangkahan, Kec. Medan Labuhan meminta perbaikan jalan menuju Islamic Center segera di perbaiki. Masyarakat Kel. Terjun, Kec. Medan Marelan khususnya di Lingkungan 14 dan 15 memohon agar parit yang ditimbun oleh seorang warga dapat dibuka oleh Pemko Medan.

Warga menginginkan terhadap Dinas Perhubungan, Mohon pemasangan lampu jalan yang sudah mati di sekitar jalan Kel. Terjun, Kec. Medan Marelan dan Kel. Tangkahan, Kec. Medan Labuhan. Masyarakat Kel. Terjun, Kec. Medan Marelan dan Kel. Tangkahan, Kec. Medan Labuhan meminta pemasangan lampu di gang-gang di daerah tersebut. Warga Griya 2 memohon pengadaan penerangan jalan di Jl. Kakap Raya Kel. Tangkahan Kec. Medan Labuhan. Mohon untuk pemasangan lampu jalan di Pasar IV Timur Lingkungan 27 Gg, Melati Kec.Medan Deli.

Keluhaan Warga terhadap Dinas Lingkungan Hidup, Bapak Eko Sinaga memohon kepada dinas terkait agar melakukan survey di Griya 2 Martubung karena adanya penumpukan limbah dari Kawasan Industri Medan. Ibu Wastina Laoli memohon agar pengambilan sampah disekitaran wilayah Griya 2 Martubung untuk diambil minimal 3 kali seminggu dikarenakan selama ini hanya diambil sebanyak 1 kali seminggu yang mengakibatkan timbulnya aroma yang tidak sedap sehingga banyak nyamuk yang dapat menyebabkan malaria. Masyarakat memohon adanya edukasi cara untuk masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan ke Sungai, agar tidak dapat menyebabkan banjir di sekitaran Jalan Paluh Nibung Linkungan I Kelurahan Paya Pasir Kec. Medan Marelan.

 

Keinginan warga untuk Dinas Sosial, Warga di Kel. Terjun, Kec. Medan Marelan dan Kel. Tangakahan, Kec. Medan Labuhan banyak yang belum pernah dapat bantuan PKH dan beberapa yang mendapat bantuan ada yang tidak pas sasaran (yang mampu). Banyak warga yang mendapat bantuan dari Pemerintah tidak tepat sasaran. Bantuan untuk mendapatkan program bedah rumah.

 

Warga Dapil II berharap untuk Dinas Kesehatan dan BPJS, Mohon perhatian Pemko Medan dan pihak BPJS agar lebih fokus memperhatikan dalam penanganan warga yang masuk/opname kerumah sakit. Seringkali permasalahan yang timbul tentang jawaban dari perawat di rumah sakit yang mengatakan kamar tidak ada. Jadi kami mohon kepada Pemko Medan dan BPJS agar dapat menegur pihak rumah sakit yang kami anggap nakal tersebut.Tadinya dapat BPJS Gratis tapi sekarang tidak dapat lagi karena anak sudah kerja dan dapat gaji UMR padahal anak saya sudah pecah KK, mohon solusinya. Mohon di buat program BPJS Gratis

 

Untuk keluhan warga terhadap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Masyarakat meminta perbanyak blanko e-KTP karena kalau ngurus selalu habis. Memohon agar Masyarakat yang Belum memiliki akte kelahiran agar di berikan kemudahan untuk pengurusannya. Bagi Masyarakat yang belum terdaftar penerima PKH agar segera di data dan di daftarkan.Meminta pendataan ulang terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Blangko KTP kosong sudah berbulan-bulan.Tidak ada blangko KTP di Kecamatan.

 

Keluhan warga pada Dinas Perumahan, Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang, Permohonan bantuan perbaikan rumah (bedah rumah) karena kondisi tidak layak huni (Rumah Sudah Mau Tumbang). Perhatikan sungai berderak. Bedah rumah lansia yang kurang mampu.Permohonan pembangunan SMA Negeri di Belawan Sicanang.

 

Keluhan warga untuk Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Makan gratis dialihkan menjadi pendidikan gratis. Melanjutkan pendidikan melalui jalur KIP. Ratakan bantuan pendidikan jangan tebang pilih. Permohonan agar mendapatkan bantuan PIP Sekolah. Warga Griya 2 Martubung Kel. Tangkahan Kec. Medan Marelan memohon agar dilakukan Pembangunan SD Negeri dan SMP Negeri karena tidak adanya sekolah negeri.

 

Keluhan warga kota Medan ke Polrestabes Medan Warga meminta penjagaan keamanan atau patroli di sekitaran jalan Kel. Terjun, Kec. Medan Marelan dan Kel. Tangkahan, Kec. Medan Labuhan agar masyarakat merasa aman saat pulang kerja dan melakukan aktifitas malam hari. Karena selama ini masyarakat telah mendengar kembali maraknya aksi kriminal seperti geng motor dan begal. Masih sering terjadinya tawuran di Kel. Pekan Labuhan. Masyarakat mengeluh sering terjadi tawuran dan begal disekitaran Medan Labuhan – Belawan.

 

Roma berharap Dari pelaksanaan dan dari berbagai masukan yang dihimpun dari masyarakat, dapat kami sampaikan bahwa Reses Masa Sidang II Tahun Sidang Keempat ini sangat strategis dalam pelaksanaan tri fungsi dewan dan cukup efektif digunakan dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat.

Dikatakannya, Usulan, permasalahan, masukan dan saran yang dihimpun dalam kegiatan Reses ini menjadi masukan yang dapat dihimpun dalam merumuskan kebijakan maupun perencanaan pembangunan Tahun 2026 di Kota Medan. Meskipun mungkin tidak semua usulan ini bisa langsung diakomodir seluruhnya.

Namun kami berharap Pemko Medan melalui Bappeda dapat menentukan skala prioritas demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Medan, untuk mewujudkan Visi Misi Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan. Dan kepada pihak-pihak terkait, kiranya usulan masyarakat ini dapat ditindak lanjuti dengan cepat.(Alian)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments